Selasa, 29 Maret 2011

POSITIVE THINGKING Kunci Sukses Hidup

Selamat malam sobat kreatif,, sudahkah anda membaca hari ini??kalo belum, ni boleh di intip sedikit tulisan yang saya ringkas dari buku The Law Of Positive thingking karangan Jamal Ma’mur Asmani. Jadi ni bukan tulisanku ntar dikirain saya pintar nulis, tapi bukan pula mengkopi paste lo ya….. 

Sikap adalah kualitas awal yang tampak pada seseorang yang sukses. Jika ia bersikap dan selalu berfikir positif, menyukai tantangan dan sesuatu yang rumit, itu berarti ia telah meraih setengah dari kesuksesannya (Lowell Peacock) 

Positive thingking merupakan cara berfikir yang berangkat dari hal-hal baik yang mampu menyulut semangat perubahan menuju taraf hidup yang lebih baik. Pikiran yang menentukan perilaku dan kesuksesan kita di masa depan. Sedih dan senang berawal dari pikiran. Jika pikiran selalu positif merespon setiap realita maka perjalanan hidup akan terasa nyaman tentram dan bahagia, sebaliknya jika pikiran negative selalu digunakan dalam merespon realita maka kecemasan dan kesediahan selalu membayangi kita. Jika sudah demikian maka yang terjadi adalah kalah sebelum bertanding. Ini kenyataan, maka mulailah untuk untuk merespon realita dengan frame positif. 

Lalu bagaimana cara menumbuhkan positive thingking??? 

1. Tulislah sebuah kutipan yang bernada positif dan tulislah tulisan itu pada sebuah kertas. Bawa tulisan itu kemanapun anda pergi dan jadikan afirmasi, misalnya diletakkan di meja kerja, di cermin, ato tempel di spidometer motor anda (terlalu…..) yang penting jadikan tulisan itu sebagai bagian dari pemikiran anda dalam melaksanakan kegiatan. Misal : “seorang pemimpin yang baik adalah yang bisa membesarkan semangat dan harapan-harapan kepada anak buahnya” (Napoleon Bonaparte)

2. Pilihlah seseorang yang anda anggap berpikiran negative dalam hidup anda. Cobalah cari hal-hal yang positif dalam diri orang itu dan ubahlah pikiran-pikiran negative dalam diri anda mengenainya dengan hal-hal positif tadi. Sebagai orang beragama, doakan pula orang tersebut dengan hal-hal positif dan mohonlah agar Tuhan menolongnya.

3. Pilih hari istimewa dalam seminggu dan jadikan hari itu sebagai hari “10”. Bangunlah pada pagi hari dan yakinlah bahwa semua orang yang anda temui pada hari itu adalah punya nilai “10” dan perlakukan mereka secara orang yang punya nilai “10” dalam segala hal. Anda pasti akan heran sendiri melihat tanggapan yang akan anda peroleh dari orang-orang yang selama ini anda anggap remeh. 

4. Tandai suatu hari dalam seminggu sebagai “hari berfikir positif”. Hapuskan kata-kata “tidak dapat”, “tidak pernah”, “tidak bisa”, “tidak sanggup” atau kata-kata lain yang senada, temukan cara untuk mengatakan apa yang bisa anda lakukan. 

5. Paling tidak sekali dalam seminggu carilah suatu kesempatan untuk bisa memberi kepada orang lain dengan tulus. Lakukan sesuatu yang khusus pada seseorang di sekeliling anda. Berbuatlah kebaikan kepada orang yang belum anda kenal.

Silahkan anda mencoba dan mulailah dengan berfikir positif untuk kesuksesan anda. Hilangkan kata-kata: “saya tidak bisa”, “saya belum pernah melakukan”, “itu bukan tanggung jawab saya”, atau apapun yang senada. Ganti kata-kata itu dengan: ya, Oke, siap… kemudian berfikir positif, yakin kan keberhasilan. 

Ok guys, cukup itu dulu. Silahkan baca buku The Law Of Positive Thingking, keren dubs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bagaimana komentar anda